2 Orang Tewas di Tambang Emas Ilegal Ciemas Sukabumi, Diduga Gara-gara Ini

2 Orang Tewas di Tambang Emas Ilegal Ciemas Sukabumi, Diduga Gara-gara Ini – Dua penambang emas ilegal, Rohmat (26) serta Suhendar (25), meninggal disangka hirup gas beracun di lubang tambang di Kampung Pamoyanan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Rekan-rekan korban dibantu masyarakat sudah sempat memberi pertolongan lewat cara memakai blower ke lubang.

Usaha itu tidak berhasil. Dua pria itu diketemukan tergeletak tidak bernyawa di lubang maut.

“Beberapa saksi, salah satunya rekanan korban, sudah sempat menempatkan alat blower ke lubang dengan keinginan singkirkan gas beracun. Akan tetapi usaha yang dikerjakan saat satu jam itu tidak berjalan dengan baik. Dua korban meninggal di lubang,” kata Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi, Senin (11/3/2019).

Beberapa saksi lalu turun ke lubang itu. Jasad Rohmat serta Suhendar diketemukan hampir sama-sama tindih. Sesudah terangkat, jasad lalu diserahkan pada keluarganya.

“Kita telah melarang kegiatan pertambangan emas tiada izin (Peti) yang sudah dikerjakan masyarakat sekian tahun itu. Peringatan serta larangan itu sering diacuhkan oleh masyarakat seputar,” tutur Nasriadi.

Dua korban didapati adalah masyarakat Kecamatan Ciemas. Beberapa unsur muspika kecamatan belumlah memberi tanggapan berkaitan kegiatan pertambangan ilegal di lokasi mereka.

Momen maut itu berjalan Minggu (10/3), seputar jam 09.00 WIB. Polisi menyelidik insiden itu. “Anggota masih tetap ada di tempat, kasusnya masih tetap kita selidiki,” kata Nasriadi.

About admin