26 Orang Meninggal Karena Kelaparan di Somalia

26 Orang Meninggal Karena Kelaparan di Somalia – Sekurang-kurangnya 26 orang sudah wafat akibat kelaparan di lokasi Jubbaland, Somalia cuma kurun waktu satu 1/2 hari saja.

Somalia tengah alami kekeringan kronis yang juga sudah mengakibatkan kegagalan panen, matinya hewan-hewan ternak serta mengakibatkan sekitaran 6, 2 juta orang, atau sekitaran 1/2 populasinya, memerlukan pertolongan pangan.

Kelaparan kronis yang menempa Jubbaland di Somalia selatan sudah mengakibatkan eksodus beberapa ratus keluarga ke ibukota Mogadishu untuk memohon pertolongan.

Diantara mereka yang mengungsi ke Mogadishu, termasuk juga Ibrahim Abdow (62) yang mengakui menunggangi keledai serta lalu naik bus untuk tiba di ibukota Somalia itu.

” Hewan ternak serta pertanian kami sudah musnah. Sungai-sungai kering serta tidak ada sumur disana, ” katanya seperti ditulis kantor berita Reuters, Selasa (21/3/2017).

Menurut wakil menteri lokasi Jubbaland, Mohamed Hussein seperti diambil radio pemerintah Somalia dalam situsnya, kekeringan kronis di Jubbaland sudah merenggut 26 jiwa cuma kurun waktu 36 jam sampai Senin (20/3) saat setempat.

” Orang-orang di lokasi itu memerlukan pertolongan darurat, ” kata Hussein.

Warga setempat menyampaikan, kota-kota yang dirundung kekeringan itu dikuasai oleh beberapa agresif al-Shabaab, yang selalu memperlancar pemberontakan untuk menggulingkan pemerintahan pusat di Mogadishu yang di dukung negara-negara Barat.

About admin