Batik Pesisir Selatan Pakai Bahan Tanah Liat, Sangat Unik

Pada umumnya, bahan dasar kain batik adalah kain tenun biasa. Akan tetapi, batik asal pesisir selatan ini dikabarkan menggunakan bahan dasar tanah liat. Tentunya ini sangat unik bukan? Batik sendiri memang sudah menjadi kebudayaan yang dibanggakan di Indonesia, sebab batik sudah lama dipelajari oleh orang mancanegara.

Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia atau World Heritage dari UNESCO memang menjadi ikon sejumlah daerah yang ada di Tanah Air. Bahan sampai arti dari motifnya pun beraneka ragam pada setiap daerah, salah satunya batik tanah liat atau sering disebut dengan liek, dari Pesisir Selatan.

Ternyata tak cuma Pulau Jawa atau kota besar yang punya batik bericiri khas. Bertempat di pantai barat Pulau Sumatera, Kab. Pesisir Selatan punya batik khas daerahnya yang tak kalah unik lho. Dengan memiliki corak flora dan fauna laut yang ada di kawasan Pesisir Selatan, adalah ciri khas Batik Tanah Liek. Diamai dengan Batik Tanah Liek yang memiliki artik batik tanah liat. Hal ini lantaran lilin malam yang dipakai untuk membuat batik memakai bahan dasar tanah liat.

Yusnaneli, sebagai staf Kecamatan Koto XI Tarusan menuturkan bahwa batik yang dibuat oleh masyarakat di desa Barung Barung Balantai, Kec. Koto XI Tarusan. “Ada banyak kelompok-kelompok produksi batik tersebut di Desa Barung, antara lain adalah kelompok melati indah serta Rosalia,” papar Yusnaneli pada wartawan KompasTravel, hari Sabtu (16/4/2016) lalu.

About admin