Bawaslu di Pasuruan Ajak Peserta Pemilu Secara Sukarela Bersihkan APK-nya

Bawaslu di Pasuruan Ajak Peserta Pemilu Secara Sukarela Bersihkan APK-nya – Bawaslu Kota Pasuruan mengerahkan semuanya anggotanya melepaskan alat peraga kampanye (APK) di saat tenang. Bawaslu pun membawa beberapa peserta pemilu dengan suka-rela bersihkan APK-nya.

“Kita mulai pencopotan APK, kita mulai di beberapa lokasi strategis dahulu,” kata Ketua Bawaslu Kota Pasuruan, Moh. Anas di celah pekerjaan pencopotan APK di Jalan Panglima Sudirman, Minggu (14/4/2019).

Bawaslu sertakan 12 anggota panwascam, 34 anggota panwas keluarahan serta 625 anggota pengawas TPS untuk melakuka penertiban APK di empat kecamatan. Kepolisian pun dilibatkan untuk pengamanan.

Petugas mencopoti APK yang terpasang di perempatan serta pertigaan jalan, di pohon-pohon sampai di tembok-tembok gedung kosong. APK yang berada di gerobak-gerobak pedagang pun ditertibkan.

“Satu hari saat pencoblosan dikehendaki Kota Pasuruan udah bersih dari APK serta bahan kampanye. Khususnya di lebih kurang TPS, stiker-stiker bakal dibikin bersih,” jelas Anas.

Untuk efektivitas pencopotan APK serta pembersihan bahan kampanye, Bawaslu pun membawa beberapa peserta kampanye, khususnya beberapa calon legislatif.

“Udah ada banyak calon legislatif yang ini hari turut mencopoti APK. Saya imbau semua calon legislatif turut mengerjakan pencopotan, sekurang-kurangnya APK-nya sendiri,” pungkas Anas.

APK yang dicopoti langsung dibawa ke kantor Panwascam semasing. Beberapa calon legislatif pun terlihat membawa APK mereka ke tempat tinggalnya atau pos pemenangan semasing.

About admin