Bumi Wali Ini Sediakan ingkung Yang Tidak Biasa

Bumi Wali Ini Sediakan ingkung Yang Tidak Biasa – Orang Jawa rata-rata merayakan momen-momen sakral dengan bikin santapan makanan khas yang dimaksud ” bancakan ” .

Biasanya bancakan ini memakai pelengkap ” ingkung ayam ” yaitu masakan memiliki bahan basic ayam utuh yang di proses dengan rempah-rempah serta santan, selanjutnya dimasak sampai mengental.

Terinspirasi dari ingkung ayam berikut, Isropah (41) warga Desa Tambakbulusan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Jateng coba berinovasi bikin ingkung dengan bahan basic tidak serupa, yaitu ingkung bandeng.

Argumennya bikin ingkung memiliki bahan basic bandeng yaitu melimpahnya bahan baku bandeng yang memanglah jadi komoditas paling utama beberapa petani tambak di wilayahnya. Jika dipasarkan mentah, harga bandeng tak setinggi disaat telah jadi olahan pangan.

Jadi Isropah memutar otak bagaimana dapat manfaatkan sumber daya alam yang ada disekelilingnya jadi komoditas layak jual yang dapat jadi ciri khas kota pesisir Demak.

Semula perempuan cantik berkerudung ini coba beragam resep sebelumnya temukan resep ” ingkung bandeng ” yang saat ini jadi maskot di gerai makanan kepunyaannya yang dinamakan Warung Mbak Payau, di jalur Pantura Demak-Semarang, tepatnya di depan jembatan timbang.

” Biasanya bandeng kan cuma dimasak jadi bandeng goreng, bandeng bakar, bandeng presto atau otak otak bandeng. Saya menginginkan bikin ciptaan olahan bandeng agar lebih beragam. Syukur-syukur seandainya dapat jadi makanan khas Demak, supaya pengunjung yang datang ke kota wali dapat bawa oleh-oleh asli Demak, ” kata Mbak Is sapaan akrabnya,

About admin