Calon Pimpinan KPK Harus Berani Dan Jangan Salah Tangkap

Calon Pimpinan KPK Harus Berani Dan Jangan Salah Tangkap – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharap tokoh yang mendaftarkan jadi calon pimpinan (capim) KPK punya jejak rekam yang baik. JK ingin Pansel Capim KPK menentukan tokoh yang bersih serta berani.

“Pasti harus menentukan tokoh yang pertama bersih serta punya keberanian, pengetahuan mengenai hukum mengenai permasalahan kenegaraan,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Tidak hanya itu, JK mengharap KPK kerja dengan penuh kehati-hatian. Ia memberikan pesan pimpinan KPK yang baru pikirkan dengan masak waktu tangkap terduga sehubungan korupsi.

“Jangan asal orang yang asal mengambil tangkap pasti mesti disaksikan efek-efeknya. mencegah,” sebut JK.

Ini hari sebagai hari paling akhir pendaftaran capim KPK. Sampai Rabu (3/7) tempo hari, telah ada 191 orang yang telah mendaftarkan jadi capim KPK ke Pansel Capim KPK.

Dari 191 orang itu, yang paling banyak datang dari karier advokat, yaitu 43 orang. Sedikitnya telah ada 65 orang yang berkasnya udah dikatakan komplet. Dan 79 orang berkasnya belum komplet serta lainnya belum diverifikasi.

Tidak hanya advokat, beberapa pendaftar capim KPK itu terdiri atas beberapa orang dengan latar yang lain. Misalnya 40 akademisi, 18 faksi swasta, 13 jaksa-hakim, 8 polisi, 3 auditor, 2 komisioner atau pimpinan KPK, dan bekasnya datang dari bermacam latar.

About penulis77