Demi Lancarkan Tol Laut, Jokowi Subsidikan Tiket Kapal

Sejak Jokowi melakukan kampanye di Pilpres tahun 2014 lalu, ia selalu menekankan akan membuat sebuah jalur tol laut. Saat ini proyek tol laut pun masih terus digenjot oleh pemerintahan Jokowi-JK. Ia pun mengklaim bahwa akan memberikan subsidi untuk pembelian tiket kapal agar proses lalu lalang tol laut lancar.

Mantan Wali Kota Solo bakal memberi subsidi tiket kapal laut yang mengaitkan semua daerah di Tanah Air. Subsidi ini diberi agar warga mau memakai transportasi kapal laut dan program tol laut yang dicanangkan oleh Jokowi mampu berjalan dengan baik.

“Tahun 2015 lalu telah ada tiga rute kapal tol laut, yang melalui Wasior baru satu. Tahun 2016 ini enam dengan jadwal yang sudah pasti. Namun tiket tidak boleh mahal-mahal, tiketnya disubsidi saja agar semua warga dapat memakainya,” ujar Jokowi saat ditemui di Wasior, Papua Barat, hari Selasa (5/4/2016) kemarin.

Jokowi menyatakan, program tol laut tak cuma berlaku untuk orang saja. Program tol laut justru bakal amat bermanfaat untuk distribusi barang sehingga harga di sejumlah wilayah dapat merata. “Selain untuk penumpang juga untuk mempermudah angkutan barang. Namun jika barang telah sampai di Papua, seperti di Merauke, kini telah ada pelabuhan yang berarti barang dari manapun dapat berlabuh di pelabuhan Merauke,” papar Pak Jokowi.

About admin