Diterjang Puting Beliung, 45 Rumah Warga di Bondowoso Rusak Parah

Diterjang Puting Beliung, 45 Rumah Warga di Bondowoso Rusak Parah – Puting beliung serta hujan lebat menempa Desa Wonosari, Kecamatan Grujukan. Mengakibatkan, beberapa puluh rumah rusak dengan atap terungkap.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Akan tetapi beberapa puluh keluarga sangat terpaksa mengungsi ke rumah yang tidak terdampak, ataupun musala paling dekat.

Mereka sangat terpaksa mengungsi untuk sesaat sebab pada saat yang bertepatan hujan turun begitu deras. “Data sesaat, ada seputar 45 rumah yang rusak kronis. Ini masih tetap kami data selalu,” kata Kabid Mencegah, Kesiapsiagaan, Kedaruratan Tubuh Penanggulangan Musibah Daerah (BPBD) Bondowoso, Ayib Rosidi waktu didapati di tempat, Senin (11/2/2019).

Tidak hanya lakukan pendataan, BPBD pun mempersiapkan terpal buat rumah-rumah terdampak. Itu dikerjakan untuk tutup sesaat atap rumah masyarakat yang terungkap. Menurut Ayib, itu adalah langkah darurat yang sifatnya sesaat.

“Sekalian menanti perbaikan atap rumah masyarakat yang terdampak. Bila dibutuhkan, kami akan membuat dapur umum untuk menolong keperluan makan masyarakat,” kata Ayib.

Tidak hanya beberapa puluh atap rumah terungkap, ada beberapa puluh pohon pun juga. Bahkan juga beberapa jalan desa terputus sebab pohon roboh.

Masyarakat langsung memotong pohon-pohon roboh itu supaya akses jalan desa dapat kembali dipakai. Beberapa relawan, BPBD, aparat dari TNI/Polri langsung juga mendatangi tempat. Mereka bahu-membahu menolong masyarakat yang tertimpa musibah.

About admin