Harga Tanah Meroket Tiga Kali Lipat Usai Dibuatnya Tol Trans Jawa

Dikabarakan, telah terjadi lonjakan harga tanah saat ada rencana pembuatan infrastruktur yang seperti menjadi fatsoen bisnis atau rumus yang harus bisa dipahami oleh para pemilik tahan.  Harga tanah bakal menjadi kian melunjak saat para spekulan juga turut andil dalam menentukan patokan terkecil hingga angka maksimal dari tanah tersebut.

Hal ini juga telah diakui oleh Samsul Chair selaku Kepala Divisi Pelaksanaan Marga Harjaya Infrastruktur ketika beliau ditemui olehTim Merapah Trans-Jawa Kompas.com, di kawasan pekerjaan Tol Kertosono-Mojokerto di ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara, hari Senin (27/6/2016) malam kemarin.

Samsul merasa, bahwa harga lahan di daerah wilayah embangunan ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara ini telah berangsur naik bahkan ketika masih dalam isu dan tahap perencanaan. “Pada waktu itu saja harga tanah sudah naik satu kali lipat atau seratus persen. Ketika tahap realisasi pembangunan, melunjaknya juga gila-gilaan mampu sampai dua sampai tiga kali lipat,” kata Samsul.

Untuk sekarang ini, harga lahan ada di kisaran Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per meter perseginya.  Proyek Manajer Tol tujuan Semarang-Solo Seksi Bawen-Salatiga Inriyono Darmawan menunjukkan hal yang sama juga baru-baru ini.

About admin