Ini Tanggapan Menko Perekonomian Soal Maraknya PHK

Saat ini, kondisi ekonomi Indonesia memang bisa dikatakan semakin lemah. Hal ini membuat banyak pegawai yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Situasi ini tentu membuat masyarakat semakin resah akan jaminan kelangsungan kehidupan kerja mereka. melihat kondisi tersebut pemerintah pun kini mulai angkat bicara soal maraknya PHK yang ada di Indonesia.

Dikabarkan bahwa saat ini ada beberapa perusahaan minyak global maupun dalam negeri lekas melakoni pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ribuan karyawan mereka. Gelombang PHK faktanya tak cuma dilanda oleh industri minyak, akan tetapi juga dilanda oleh industri elektronik.

Laporan terkini, pabrik lampu milik PT Panasonic Lighting yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, dan Pasuruan, Jawa Timur, bakal segera ditutup. Hal yang sama dilaporkan juga berlaku untuk pabrik PT Toshiba Indonesia yang berlokasi di Cikarang juga. Hal ini membuat penutupan dua pabrik elektronik tersebut ada sekitar,2.500 karyawan telah resmi dirumahkan atau di PHK.

Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Perekonomian menyebut, bahwa dirinya sendiri sampai saat ini masih belum menerima laporan mengenai rencana penutupan pabrik terkait dan PHK karyawan kedua perusahaan elektronik besar itu.

About admin