Isis Tambah Kekuatan Perang Mereka di Libya

Kelompok teroris ISIS semakin lama memang semakin berusaha untuk melebarkan sayap dengan merekrut anggota mereka dari seluruh penjuru negara. Mereka terus melakukan teror di sejumlah negera, antara lain adalah di Libya. Dilaporkan, bahwa ISIS juga telah menambah kekuatan perang mereka di negara tersebut.

Negara Islam di Irak dan Suriah ini menggandakan kuantitas kekuatannya di Libya menjadi sebanyak 6.000 gerilayawan dalam 18 bulan belakanga ini. Di tempat tersebut, ISIS harus bertarung dengan milisi-milisi lokal dari Libya.

Saat daerah kekuasaan ISIS dibombardir oleh pihak militer Barat, kelompok teroris tersebut langsung bergerak serius dalam membangun basis kekuatan di kawasan Afrika Utara. Di Libya, ISIS sekarang ini berada di Sirte, kota kelahiran mantan orang tangguh Libya, yakni Moammar Khadafy. ISIS itu juga punya kelompok militan di Derna dan Benghazi, Libya timur, serta Sabratha di kawasan Libya barat.

“Di daerah Benghazi dan Derna, kelompok bersenjata Libya bertarung dalam menghadapi ISIS serta mempersempit ruang gerak mereka. Di Sabratha kondisi juga sama,” kata Komandan Militer AS di Afrika yakni Jendral David Rodriguez.”Tindakan mereka memperlambat kemajuan ISIS di sejumlah kawasan di Libya,” tambahnya merujuk kepada laporan intelijen Amerika Serikat.

About admin