Jusuf Kalla : Sebelum Menertibkan Kalijodo, Harus Dilakukan Dialog Dulu

Pemprov DKI Jakarta memang berencana untuk menggusur semua bangunan yang ada di kawasan Kalijodo demi pelebaran sungai tersebut. Namun, banyak kalangan yang melakukan perlawanan upaya tersebut. Melihat situasi tak kondusif ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla merasa perlu adanya dialog antara pemerintar dan warga terkait.

Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut menurturkan, harus ada dialog yang dilakoni antara Pemerintah Provinsi DKIdan warga setempat sebelum menggusur daerah pemukiman Kalijodo. Sementara yang paling penting, Kalla merasa, bahwa setiap kota harus punya ruang terbuka hijau yang cukup untuk kelangsungan hidup bersama. Karea, hal itu adalah hak yang harus dinikmati oleh setiap warga.

“Masalah dialog itu memang harus dilakukan. Namun, dialog, saya kira jalannya telah cukup panjang itu kan,” ujar Kalla pasca peresmian Pengurus Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia DKI Jakarta, yang dilangsungkan di Balai Kota, hari Kamis (18/2/2016) siang tadi.

“Oleh sebab itu, pemerintah harus mengambil dengan baik untuk menertibkan lahan-lahan punya masyarakat tersebut,” ujar Kalla. Niatnya, Kalijodo bakal dikembalikan fungsinya sebagai RTH. Masyarakat setempat bakal dipindahkan ke Rusunawa Marunda, yang terletak Jakarta Utara, serta Rusunawa Pulogebang, yang ada di Jakarta Timur.

About admin