Kekuatan Gempa 3,5 Magnitudo

Kekuatan Gempa 3,5 Magnitudo – BMKG awal mulanya menyebutkan gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Barat berkekuatan 5,7 pada taraf Richter (SR). Sesudah dianalisis, BMKG memuktahirkan kemampuan gempa, yaitu magnitudo 5,3.

“Hasil pengamatan BMKG memberikan gempa bumi ini punyai kemampuan M 5,7, yang sesudah dimutakhirkan berubah menjadi M 5,3,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi serta Tsunami BMKG Karunia Triyono dalam keterangannya, Kamis (6/12/2018).

Karunia menuturkan, episentrum gempa terdapat pada koordinat 8,5 LS serta 116,06 BT, atau persisnya berada di darat pada jarak 10 km. arah barat laut Kota Mataram, NTB, pada kedalaman 10 km..

“Dengan memerhatikan area episentrum, kedalaman hiposentrum, serta sistem sumbernya, karena itu gempa bumi yang berlangsung adalah model gempa bumi dangkal karena pekerjaan Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust),” katanya.

“Hasil pengamatan sistem sumber memberikan gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan sistem gerakan naik (thrust fault),” sambung Karunia.

Resiko gempa bumi ini dilaporkan menyebabkan guncangan di daerah Lombok Utara dalam taraf intensitas VI MMI, Lombok Barat serta Mataram V MMI, Lombok Tengah serta Lombok Timur IV MMI, Denpasar III-IV MMI, Jimbaran, Tabanan, Nusa Dua serta Sumbawa III MMI, Karangasem, dan Singaraja serta Kuta II-III MMI.

“Terhadap warga diimbau supaya terus tenang serta tak tergoda oleh gosip yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya

About admin