Kemenkes Menegaskan Seluruh Biaya Korban Tsunami Selat Sunda Ditanggung Negara

Kemenkes Menegaskan Seluruh Biaya Korban Tsunami Selat Sunda Ditanggung Negara – Kepala Sub Direktorat Service Kritis Darurat Terpadu Kementerian Kesehatan, dr. Budi Sylvana, menyatakan jika service pada korban musibah tsunami Selat Sunda di Banten serta Lampung akan tidak diambil cost alias gratis.

“Yang perlu untuk diketahui semua perlakuan gempa ini tanggungan negara. Tidak ada bayaran individu tidak ada benar-benar,” katanya, waktu didapati, di antara kunjungan ke Rest Ruang 207A, Tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (29/12).

Oleh karenanya tiap-tiap service kesehatan yang di terima penduduk akan tidak diambil cost. Karena, telah dijamin oleh negara.

“Tidak bisa dong. Semua perlakuan gempa ini gratis buat rakyat. Ini tanggung jawab negara,” katanya.

Berkaitan terdapatnya tanda-tanda penarikan cost kesehatan oleh Rumah Sakit Umum Dr Drajat Prawiranegara, yang disebut rumah sakit daerah Kabupaten Serang, Budi menjelaskan, pihaknya sudah mengkonfirmasi hal itu, serta pihak rumah sakit mengatakan tidak menarik pungutan.

“Tidak benar itu. Telah ada klarifikasi dari Direktur RSUD Serang. Tidak ada. Itu tidak benar. Kita konfirmasi ke Serang. Serta kuitansi itu bukan kuitansi dari rumah sakit Serang,”

Sedang berkaitan terdapatnya penyidikan dari pihak kepolisian, Budi malas memberi komentarnya. “Jika itu saya tidak paham itu. Tetapi yang pasti dari negara, dari Kemenkes tidak ada pungutan semacam itu,” tuturnya.

Budi memberikan, sekarang ini pihaknya tengah lakukan beberapa usaha pemulihan di tempat yang terdampak tsunami Selat Sunda. “Karena itu kebersihan lingkungan kita intervensi. Mesti dibikin bersih dahulu supaya penyakit ikut-ikutan tidak tampil. Bisa jadi seperti diare, ISPA,” pungkasnya.

About admin