Ketimbang Singapura, Pasar Ritel Indonesia Lebih Baik

Jika dibandingkan dengan Singapura, negara Indonesia memang memiliki kekurangan dari beberapa sektor. Entah itu teknologi ataupun industrinya. Padahal negara Indonesia jauh lebih besar ketimbang Singapura. Namun, tak semua apsek Indonesia kalah dengan Singapura, salah satunya di sektor ritel, bahwasanya Indonesia lebih baik ketimbang negara tetangga tersebut.

Pasar ritel Indonesia berada di posisi lima dunia dilihat dari versi Global Retail Development Index atau GRDI 2016 keluaran AT Kearney. Posisi itu menaklukkan “raja” ritel Singapura yang sama sekali tidak masuk dalam daftar teratas. Kendati berada di posisi lima besar, sektor ritel domestik malah sedang mendapati penurunan menyusul lambannya pertumbuhan ekonomi yang terjadi sekarang ini.

“Negara Indonesia saat ini memang berada di posisi lima namun sebenarnya dari segi jumlah ada penurunan ketimbang tahun lalu. Kami tetap ada di lima besar ya itu sebab negara lain anjloknya lebih tajam daripada kita, termasuk Singapura,” papar Handaka Santosa selaku Ketua Dewan Penasihat Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia saat ditemui di Hotel Kempinski, JakartaPusat, hari Rabu (8/6/2016) kemarin.

“Lalu ini yang harus kami jaga sebab ekonomi kita kini sebanyak 60 persen dikuasai konsumsi domestik serta 40 persen sisanya sektor investasi. Nanti ritel tumbuh bagus kalau perkemangan ekonomi 10 persen di tahun 2017-2018 mendatang,” tandas dia.

About admin