Ketua Mpr Menyatakan Untuk Bergerak Zakat Bagi Warga Muslim

Ketua Mpr Menyatakan Untuk Bergerak Zakat Bagi Warga Muslim – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak penduduk Indonesia untuk menggunakan bln. Ramadhan sebagai momentum untuk menyucikan diri lewat cara membayar zakat. Ajakan itu ia berikan dalam kunjungannya ke gerai Baznaz di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (29/05/2017) .

Ia menyatakan kalau zakat yaitu keharusan untuk semua umat Islam yang merdeka serta dapat dengan cara ekonomi. Dalam pembayarannya juga ada ketentuan yang butuh ditaati biar zakat itu sah.

“Zakat itu utama sekali. Perhitungannya juga mesti sesuai sama kekuatan kita. Serta salah satu instansi yang ditunjuk pemerintah yaitu Baznaz. Jadi, bayarlah zakat pada Baznas, ” kata Zulkifli.

Dalam kunjungannya itu, Zulkifli juga menunaikan kewajibannya membayar zakat harta benda sebesar Rp 50 juta. Jumlah itu ialah hasil dari 2, 5 prosen pendapatannya sepanjang satu tahun.

Tidak sama dengan zakat fitrah, zakat harta benda yang didapatkan oleh Zulkifli ialah zakat pendapatan yang mempunyai prasyarat untuk penyumbang yaitu beragama Islam, merdeka, berakal serta baligh, dan telah menjangkau nisab. Pembayaran zakat harta benda dijalankan perbulan sekali atau haul (satu tahun sekali) dengan potongan sejumlah 2, 5 prosen dari pendapatan penyumbang.

Ketua Baznas Pusat Bambang Sudibyo yang juga ada dalam peluang itu menyampaikan kalau pada th. 2016 selanjutnya, jumlah zakat dari semua Indonesia yang di terima oleh Baznas lebih kurang sebesar Rp 5 triliun. Lonjakan penyumbang zakat berlangsung umumnya di bln. Ramadhan.

Menyikapi hal tersebut, Zulkifli menginginkan kalau th. ini jumlah zakat di Indonesia dapat jadi tambah hingga pertolongan yang didapatkan pada warga miskin dapat makin masif.

“Zakat jadi diantara alternatif untuk menanggulangi beberapa masalah sosial. Saudara-saudara kita yang kurang dapat dapat dibantu lewat penyaluran zakat oleh Baznaz. Saya mengharapkan th. ini jumlah pemberi zakat di Indonesia dapat jadi tambah dibanding dengan th. terlebih dahulu, ” kata Zulkifli.

About admin