Komando Armada I (Koarmabar) TNI AL Mengusung Sisi Pesawat Dari BASIC Laut Sisi Utara Karawang

Komando Armada I (Koarmabar) TNI AL Mengusung Sisi Pesawat Dari BASIC Laut Sisi Utara Karawang – Personil penyelam dari Komando Armada I (Koarmabar) TNI AL mengusung sisi pesawat dari basic laut sisi utara Karawang. Mereka mendapat as roda Lion Air PK-LQP.

“As roda Peluang sebab disaksikan dari titiknya sama juga dengan pengangkatan tempo hari. Kayaknya ini as roda yg pengangkatan pertama yg kita angkat dari team Dislambair (Dinas Penyelaman Bawah Air),” kata Kepala Divisi Penyelaman I Dislambair Koarmada I, Kapten Laut Guntur Pramudanto, diatas kapal LCU Banda Aceh, Senin (5/11/2018).

LCU Banda Aceh yg tengah ada di perairang Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, ini menyimpan as roda yg sukses dievakuasi ini. Setelah itu, as roda ini akan dibawa LCU Banda Aceh ke pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Proses pengangkatan as roda pesawat itu memanfaatkan alat bernama Air Lifting Bag (ALB). Alat itu memercayakan balon hawa yg mengapung, membawa objek dari basic lautan naik ke permukaan. Setelah itu, derek (crane) dari LCU Banda Aceh mengusung as roda itu dari permukaan air.

Alat ALB bisa mengusung benda maksimum 5 ton dari basic lautan. Guntur menyebutkan berat as roda itu.”Kalaupun estimasi kami lebih kurang 2 ton kurang,” kata Guntur.

Sekarang ini, as roda pesawat Lion Air itu tengah dibawa Team Koarmabar I memanfaatkan LCU Banda Aceh ketujuan ke dermaga JICT II Tanjung Priok.

About admin