Muara Baru Jadi Pasar Ikan Modern

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan akan membenahi pasar ikan di Muara Baru, Jakarta Utara. Menurutnya, pasar ikan Muara Baru sebenarnya cukup luas. Namun sayang kondisi pasar tersebut sempit dan kotor.

Susi di Kantor KKP, Jl. Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa (26/7/2016) mengatakan “Minggu lalu kita jalan ke Muara Baru. Di sana kan ada 110 hektar, tapi tidak bisa ngapa-ngapain. Karena lahannya sudah disewakan dengan harga yang tidak masuk akal,”

Pedagang di Muara Baru menjadi bertumpukan. Sebab, jumlahnya sudah mencapai 5.000 pedagang. Kondisi lingkungannya pun sempit dan kotor. Kemudian Susi memaparkan rencanya menjadikan Muara Baru seperti pasar ikan di Jepang. Gambaran rancangan desain, Susi mengatakan ada juga pusat pelelangan ikan.

“Kita akan bangun Muara baru seperti Tsukiji. Kita akan bangun pelelangan. Dengan adanya pelelangan, ikan dibongkar dari kapal. Jangan dari gudang. Sebab, sekarang ini semua kapal masing-masing masuk ke gudangnya. Kita akan buat pasar ikan terbesar,” ujar Susi.

Berharap bantuan pemerintah masuk lebih baik. Dan yang penting, memperbaiki iklim dan bisnis perikanan di Jakarta lebih baik, tidak dimonopoli segelintir pengusaha. Ini tidak patut terjadi.

About admin