Operasi yang Menyasar Kendaraan Overload Digelar Dishub Jatim di Ponorogo

Operasi yang Menyasar Kendaraan Overload Digelar Dishub Jatim di Ponorogo – Baru satu jam dikerjakan operasi, 40 kendaraan ditilang Dishub serta LLAJ Jawa timur. Sebabnya beberapa puluh kendaraan itu ‘overload’ serta dipandang membahayakan pemakai jalan lainnya.

Operasi yang diselenggarakan di Jalan Trunojoyo, Ponorogo, ini mengarah kendaraan angkut yang melewati kemampuan kendaraan atau overload. Seputar jam 08. 00 WIB, petugas Dishub serta LLAJ Jawa timur mencegat beberapa kendaraan angkut barang.

” Kendaraan yang ditilang didominasi truk karena membawa muatan yang melewati kemampuan, ” papar Kasi Pengendalian serta Operasional Dishub serta LLAJ Jawa timur Rahmad Sugriwo, Selasa (14/8/2018).

Rahmad memberikan kendaraan angkut yang ditilang adalah kendaraan angkut curah atau galian C. Dalam operasi ini, petugas juga mengecek keadaan body kendaraaan. Bila ada yang meningkatkan dimensi panjang, langsung ditilang.

” Diluar itu, kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK dan buku uji KIR juga dicheck, ” jelas dia.

Menurut dia, truk yang overload dapat jadi penyebab utama jalan raya rusak. Karena beban serta dimensi yang melewati kemampuan juga dapat membahayakan pemakai jalan lainnya.

” Jika dilewatkan dapat membawa akibat kecelakaan karena suspensi rem tidak cocok dengan yang ada, ” tandas dia.

Operasi ini, lanjut Rahmad, masuk dalam type B. Hingga kendaraan yang ditilang langsung diambil surat-suratnya. Sesuai dengan ketentuan yang laku UU No 22 tahun 2009 mengenai jalan raya serta angkutan jalan. Juga sama dengan PP No 74 Tahun 2014 mengenai angkutan jalan.

” Kami akan tindak tegas tiap-tiap pelanggar, tidak ada arti anak emas. Kami tertibkan semua yang tidak mematuhi, ” ujarnya.

About admin