Pasal Guantanamo Resmi Di Hapus Dari Panita Dpr

Pasal Guantanamo Resmi Di Hapus Dari Panita Dpr – Panitia kerja (Panja) DPR sudah setuju menghapus ‘Pasal Guantanamo’ dalam kajian RUU Antiterorisme. Argumennya lantaran pasal itu tidak layak ditempatkan di Indonesia.

” Itu tidak layak, kita hapus. Hapus dong, ” kata Ketua Panja RUU Antiterorisme Muhammad Syafii di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Syafii menuturkan seluruh fraksi di DPR sepakat menghapus pasal ini serta dapat membahasnya minggu ini. Diluar itu, pemerintah juga satu nada dengan DPR.

” Mungkin minggu ini masuk (kajian ‘Pasal Guantanamo). Telah seluruh fraksi setuju itu Guantanamo. Lebih kejam dari Amerika. (Pemerintah) sepakat, sepakat, ” terang dia.

Sebatas di ketahui, Pasal 43A atau ‘Pasal Guantanamo’ adalah salah satunya gosip pro-kontra dalam kajian RUU Terorisme. Dimaksud sekian lantaran mengacu pada nama penjara punya Amerika Perkumpulan di lokasi Kuba, dimana beberapa ratus orang di tangkap serta disembunyikan lantaran disangka turut serta dalam jaringan teroris.

Pasal ini mengatur kewenangan penyidik maupun penuntut untuk menahan seorang yang disangka berkaitan dengan grup teroris sepanjang 6 bln..

Pasal itu berbunyi :

Dalam rencana penanggulangan Tindak Pidana Terorisme, penyidik atau penuntut umum bisa lakukan mencegah pada tiap-tiap orang spesifik yang disangka dapat lakukan Tindak Pidana Terorisme untuk dibawa atau diletakkan pada tempat spesifik sebagai lokasi hukum penyidik atau penuntut umum kurun waktu paling lama 6 (enam) bln..
(gbr/imk)

About admin