Pemain Top Dunia Memiliki Pola Makan Yang Teratur

Pemain Top Dunia Memiliki Pola Makan Yang Teratur – Para pemain sepakbola top dunia senantiasa terlihat sempurna di tiap-tiap penampilannya. Itu tidak terlepas dari pola makan yang ditata sedemikian rupa buat mereka.

Tampilan pemain-pemain kelas dunia bertindak perlu baik buat club, timnas, dan otomatis buat banyak supporter. Tetapi, baru didunia sepakbola profesional saja lah yang mengerti perlunya peran nutrisi dalam tingkatkan tampilan banyak pemain, itupun sedikit, termasuk juga di Indonesia umpamanya.

Apa, kapan, serta bagaimana makanan dikonsumsi oleh banyak pemain miliki akibat segera terhadap tampilan mereka diatas lapangan. Sebagian studi tentang diet dari perspektif sains serta nutrisi kebanyakan fokus pada dua elemen perlu, yakni karbohidrat sebelumnya kompetisi serta protein sesudah kompetisi (saat pemulihan).

” Pendekatan diet di sepakbola telah lewat beragam fase. Pisang pernah popular ; selanjutnya ada yang berfikir kalau menumpuk karbohidrat (carb-loading) dengan pasta jumlah besar bakal mendukung, ” tutur Sir Alex Ferguson di bukunya Leading.

Sebenarnya, mengkonsumsi makanan serta minuman ini begitu perlu dipraktikkan oleh banyak atlet biar jadi rutinitas yang bikin mereka dapat beroleh konsumsi nutrisi yang pas di pas yang pas juga untuk mengoptimalkan efisiensi. Rutinitas ini di pengaruhi oleh aspek genetik, lingkungan, budaya, serta sosio-ekonomi.

Sebagai pelaku kesibukan fisiologi yang berintensitas tinggi, kekuatan yang diperlukan oleh seseorang pemain sepakbola yaitu rata-rata sekitaran 3550 kilo kalori (kcal) /hari.

Perubahan nutrisi di sepakbola

Janganlah cuma simak di Indonesia, kesebelasan-kesebelasan top Inggris juga baru mulai memperhatikan faedah diet pada 1990-an. Beberapa besar anak muda sebagai pemain pada 1990-an umum makan kue pai serta kentang goreng. Dua menu itu pastinya tak menyehatkan, terlebih yang paling akhir.

” Dahulu tdk ada yang memperhatikan diet banyak pemain sepakbola. Makan siang yang normal sebelumnya kompetisi terdiri atas tiga hidangan. Di Skotlandia, kebanyakan yang disediakan yaitu sup, daging rebus atau daging cincang dengan kentang, serta kue bolu puding untuk pencuci mulut. Saya tidak paham siapa yang menggagas menu itu – mungkin yang menggagasnya menginginkan kita tidur siang enak sesudah makan siang, ” papar Ferguson.

” Makanan itu terang sangat berat untukku, jadi Cathy (istri Ferguson) membuatkanku dua belah lemon sole (ikan lidah) diikuti dengan roti bakar madu untuk makan malam Hari Jumat serta makan siang sebelumnya kompetisi pada Sabtu. “

Ferguson masihlah menceritakan kalau dulu pemain umum beli makan siang sendiri, bisa saja seperti di Indonesia waktu ini. Saat jadi manajer East Stirlingshire, ia pernah berkata dengan koki serta memohon sang koki menghidangkan dua belah ikan lemon sole serta roti bakar madu ke tiap-tiap pemain.

” Si koki mengatakan jikalau banyak pemain akan kelaparan, serta saya mengatakan, ‘Bagus’. Kami selanjutnya menang 2-0, ” kata Ferguson menceritakan tentang diet banyak pemainnya yang membuatnya dapat menang melawan Falkirk.

Biasanya, menu makan siang buat pemain sepakbola atau atlet berolahraga yang lain nyaris senantiasa terdiri atas protein, karbohidrat, serta gula.

” Itu dapat diperoleh dari dua belah ikan lidah lemon, roti bakar, serta madu, ” catat Ferguson yang berasumsi menu diatas yaitu menu makan siang paling baik.

Perlunya sarapan

Satu hal yang wajib kita sadari, terlebih jikalau kita menginginkan rasakan pola hidup laiknya pemain sepakbola, yaitu sarapan. Pemain sepakbola rata-rata lakukan latihan 2 x dalam sehari, yakni latihan pagi serta latihan sore.

Sebelumnya latihan, yang memerlukan banyak kekuatan, jadi mereka mesti berikan konsumsi nutrisi yang memenuhi. Seseorang pemain tak dapat berlatih dengan perut kosong, namun juga hal yang sama berlaku untuk perut yang kekenyangan.

Matt Lovell, seseorang paka gizi dari Inggris, berikan referensi sarapan yang baik untuk banyak pesepakbola.

” Kita dapat mengonsumsi roti sebagai camilan sebelumnya latihan. Roti cokelat bakal berikan karbohidrat, yang terurai jadi glukosa, glukosa bakal jadi bahan bakar untuk otot dalam bekerja, ” ujarnya diambil dari FourFourTwo Performance.

” Sebarkan selai atau madu pada roti panggang, yang bakal tingkatkan persentase gula darah kamu serta isi glikogen di ototmu, ” tuturnya seakan mensupport menu jagoan Ferguson : roti bakar madu.

Disamping itu, bubur juga sama sebaiknya dengan roti bakar atau roti panggang diatas. Kemudian untuk minuman, referensi yang umum ada yaitu juice buah fresh seperti jeruk. Tetapi, minuman yang manis alami ini direferensikan cuma satu gelas kecil karna telah memiliki kandungan gula murni.

Menu makan siang serta makanan ringan sore hari

Sesudah latihan pagi, pemain memerlukan pemulihan (recovery) yang cepat sebelumnya latihan sore. Biasanya, pemain sepakbola bakal mengonsumsi pasta karna amat kencang diolah oleh badan, yang bakal isi kekuatan mereka yang habis pas latihan pagi.

Kemudian ayam (terlebih bukan hanya yang digoreng) juga amat kencang diolah serta bakal berikan protein buat badan, yang bakal mendukung melakukan perbaikan otot sesudah badan ” stres ” sepanjang latihan. Jadi pada makan siang ini, pemulihan yaitu kuncinya.

Sepanjang session latihan sore, pemain juga miliki sekian waktu yang ideal buat mereka untuk berikan konsumsi nutrisi ke pada badan. Tetapi tak seperti sarapan atau makan siang, jumlah pada makan sore atau makanan ringan ini lebih sedikit.

Makanan ringan sore umum berisi minuman yang memiliki kandungan karbohidrat serta protein, seperti susu cokelat. Ini bakal mendukung melakukan perbaikan otot, pemulihan, serta pengisian bahan bakar. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi salad hijau (sayur).

Baca juga : Susu Cokelat yaitu Minuman Rahasianya Para Atlet

Selain susu cokelat, minuman berjenis smoothie juga dianjurkan karna penuh vitamin serta anti-oksidan yang bakal mendukung sembuh lebih cepat serta mendukung badan menyiapkan diri untuk session latihan seterusnya atau kompetisi. Sesudah berusaha keras pada pagi hari, metabolisme bakal bekerja lebih cepat serta kita perlu kekuatan penambahan untuk isi bahan bakar badan.

Makan malam janganlah sangat berat

Sesudah latihan 2 x dalam sehari, badan tentunya bakal terasa letih. Belum lagi jikalau esok harinya pada pagi hari mereka mesti mulai latihan lagi. Hal semacam ini yang bikin makan malam jadi tak kalah perlu.

Pada dasarnya, janganlah makan sangat larut lantaran itu tak ideal. Ikan yaitu style makanan yang gampang diolah. Sesaat sayuran, seperti brokoli serta kacang-kacangan, juga direferensikan karna cepat diolah. Makan enteng, malah bukan hanya berat, saat malam hari ini yaitu kunci, karna suatu hal yang berat bakal memerlukan saat untuk diolah serta menghalangi pada hari seterusnya.

Merubah kebiasaan

Untuk hidup sehat, kita dapat saja menerapkan menu-menu makanan seperti diatas meskipun kita bukan hanya atlet sepakbola. Bagi pesepakbola, mereka kebanyakan diijinkan makan berat jikalau esok harinya tdk ada latihan atau kompetisi.

Seperti yang telah di jelaskan dimuka tulisan ini, rutinitas memakai makanan serta minuman ini di pengaruhi oleh aspek genetik, lingkungan, budaya, serta sosio-ekonomi.

” Di Manchester United, kami mulai berasumsi serius diet pada 1990-91 dikala saya mempekerjakan Trevor Lea, paka gizi dari Sheffield, ” kata Ferguson.

” Trevor sadar kalau menghidangkan makanan sehat ditempat latihan cuma membereskan beberapa problem. Jadi kami selenggarakan pertemuan dengan banyak istri serta pacar pemain. Trevor menuturkan terhadap mereka apa yang tengah ia upayakan serta mengatakan pentingnya pemain kurangi mengkonsumsi makanan berlemak pada hari-hari mendekati kompetisi, ” tuturnya.

Merubah rutinitas ini dapat yang dikerjakan oleh kesebelasan Liverpool sesudah mereka mengontrak Mona Nemmer sebagai kepala nutrisi kesebelasan.

Saat ini di kafetaria kompleks latihan kesebelasan Liverpool telah populer sebagai tempatnya juice buah fresh, granola, kacang-kacangan, serta salad bar. Demikian halnya di Stadion Anfield, ada tempat juice serta dapur di ruangan ganti. Tiap-tiap pemain dapat memastikan sendiri style buah atau makanan apa yang menginginkan mereka mengkonsumsi.

Ini yaitu hal yg tidak umum bahkan juga di Inggris meski. Tetapi, tantangan di Indonesia bukan sekedar masalah rutinitas makan asal-asalan, namun juga masalah merokok.

About admin