Sejak Awal 2016, Arab Saudi Sudah Mengeksekusi 101 Orang

Seperti yang diketahui, bahwa negara Arab Saudi merupakan salah satu negara yang masih menerapkan tardisi eksekusi mati. Hukum Ara Saudi memang masih terus melibatkan hukuman mati dan di tahun 2016 ini, Arab Saudi tercatat sudah melakukan eksekusi mati lebih dari 100 kali.

Dikabarkan, bahwa Arab Saudi, hari Jumat (22/7/2016) ini tadi, telah mengeksekusi seorang warganya, yakni Fahad Abdulhadi al-Dusari, dimana ia sang terpidana pembunuh teman senegaranya, yakni Mubarak bin Mohammed al-Dusari. Fahad merupakan   orang yang ke-101 yang dieksekusi sedari awal tahun ini, usai orang ke-100 juga sudah dieksekusi  pada hari Kamis (21/7/2016) kemarin.

Pihak Kementerian Negara Arab Saudi menuturkan, bahwa Fahad sudah terbukti bersalah kalau ia sudah menembak mati Mubarak lantaran sebuah masalah, sebagaimana yang disiarkan oleh kantor berita SPA. Diklaim kantor berita Agence France-Presse, bahwa Fahad dieksekusi di daerah Riyadh, yang notabene sebagai ibu kota Arab Saudi.

Negara itu  memiliki aturan hukuman mati untuk pelaku dalam tindak pidana pembunuhan, narkoba, perampokan bersenjata, pemerkosaan, hingga pemurtadan. Kebanyakan para terpidana mati tersebut dieksekusi dengan cara dipenggal memakai pedang.

About admin