Selama Februari, Ini Daerah Yang Sering Rawan Dengan Banjir

Di bulan Februari ini, diyakini memang akan sering turun hujan sebab banyak orang menyebut kalau di bulan ini merupakan puncaknya musim penghujan. Seringnya hujan turun ini tentu membuat beberapa kota mengalami bencana banjir. Namun, di daerah mana saja yang memang sudah rawan mengalami bencana tahunan ini?

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyebut, bahwa warga harus melakukan antisipasi jelang sesi puncak musim hujan di bulan Februari ini. Ia pun menjelaskan mengenai beberapa titik daerah yang rawan terkena bencana banjir, longsor serta bencana angin puting beliung.

Daerah itu antara lain ialah daerah di pulau Jawa, yakni kota Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta provinsi Jawa Timur. Tak hanya itu, daerah lainnya yang juga memungkinkan untuk terkena banjir ialah kota Bali, Nusa Tenggara Barat , Nusa Tenggara Timur, pantai barat Sumatera khususnya Simatera Barat serta Bandar Lampung.

Diluar itu, yang dinilai akan rawan banjir juga provinsi Sulawesi Selatan, Barat, Utara, serta daerah Papua. “beberapa daerah ini merupakan kawasan yang paling berpeluag tinggi mengalami bencana banjir dan longsor hingga akhir Februari mendatang,” ungkap Sutopo saat ditemui di Kantor BNPB, Jalan Pramuka, Jaktim, hari Rabu (10/2/2016) kemarin.

About admin