Seringnya Pemadaman Listrik Dikeluhkan Warga Kupang

Seringnya Pemadaman Listrik Dikeluhkan Warga Kupang – Pemadaman listrik terus-terusan berlangsung di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai sejak awal th. ini.

Keadaan ini bikin beberapa pihak mengungkap kekecewaan pada kemampuan Perusahaan Listrik Negara (PLN) setempat.

Sekretaris Asosiasi Entrepreneur Indonesia (Apindo) NTT Robby Rawis mempertanyakan kemampuan PLN. Diakuinya begitu kecewa pada biasanya pemadaman listrik yang menurut dia telah tidak lumrah.
PLN, kata Robby, tak pernah berikan keterangan resmi tentang biasanya pemadaman.

Walau sebenarnya, pemerintah telah mendatangkang kapal pembangkit listrik yang disewa dari Turki. Kapal itu dijagokan bakal memberi service sempurna untuk warga Kota Kupang.

“Waktu awal-awal waktu kapal listrik dari Turki datang, tuturnya masihlah penyesuaian serta kami orang-orang NTT serta dunia usaha sabar menanti. Kenyataannya telah empat bln., belum ada pergantian serta hingga kapan kondisi seperti ini, ” keluh Robby pada Kompas. com, Senin (27/3/2017) malam.

Menurut Robby, pemadamam listrik dengan cara bergilir pada beberapa pelanggan di Kota Kupang serta Kabupaten Kupang semestinya tak berlangsung lagi.

Itu lantaran daya listrik di Kupang sangatlah surplus dengan hadirnya kapal pembangkit listrik berdaya 60 MW dari keseluruhan daya semuanya sebesar 120 MW.

Robby mengharapkan pemerintah pusat serta PLN pusat dapat selekasnya mengevaluasi apa yang berlangsung di Kupang, hingga tak akan berlangsung pemadaman listrik merugikan pelanggan.

Kekecewaan yang sama saja di sampaikan Anggota DPRD Propinsi NTT Viktor Lerik. Viktor mengakui telah mengadakan rapat dengar pendapat dengan PLN berkaitan biasanya pemadaman listrik.

Tetapi tidak ada perbaikan, pemadaman tetaplah berjalan sehari-hari di Kupang.

” Sungguh keterlaluan sekali, bila waktu rapat dengar pendapat dengan DPRD, PLN senantiasa bagus serta manis bicaranya mengenai supply listrik. Ttetapi sebenarnya seperti ini. Saya kehabisan kalimat, ” kata Viktor jengkel.

Berkaitan dengan hal semacam itu Humas PLN Lokasi NTT Nikolaus Sulistyohadi mengakui, pemadaman Listrik di Kota Kupang serta sekitarnya berlangsung lantaran masalah jaringan distribusi.

Menurutnya, penyebabnya listrik padam yang berlangsung pada Januari hingga Februari disebabkan cuaca berlebihan, berbentuk hujan angin serta petir.

Selain itu kata Nikolaus, terdapat banyak titik rusaknya jaringan akibat baliho rubuh, pohon rubuh dan jaringan terserang dahan serta ranting.

Masalah akibat cuaca, kata Nikolaus menempa nyaris semua daerah di NTT. Umpamanya, tanah longsor di Manggarai serta Flores Timur.

About admin