Siswa PAUD dan TK Belajar Jadi Pedagang Di Takengon

Biasanya, pelajar yang disuruh praktek di lapangan ialah SMA hingga mahasiswa. Namun, di desa Takengon, Aceh terdapat pemandangan aneh dimana ada siswa PAUD yang mencoba menjadi seorang pedagang. Ini cukup menarik, sebab anak seusia tersebut sudah diajarkan menjadi seroang pedagang langsung dan bermanfaat untuk perkembangan mereka di waktu dewasa nanti.

Ada sebuah pemandangan yang berbeda nampak dalam kegiatan yang bertemakan “Market Day” yang dihelat di taman budaya rumah adat Pitu Ruang, Kemili, hari Sabtu (5/3/2016) lalu. Dalam kegiatan ini semua siswa PAUD dan murid TK Islam Terpadu Az Zahra, Takengon, Aceh Tengah, malah menjadi pedagang.

Mereka nampak sangat sibuk menjual sejumlah jenis penganan dan jajanan dalam acara “Market Day” itu. Namun, sejatinya apa tujuan dari gelaran acara nik tersebut?

“Lazimnya para orangtua hanya memberikan uang pada anaknya untuk membeli jajanan yang dijualdi warung saat bersekolah, kan tetapi dengan cara yang digelar ini kita melatih anak-anak agar berjualan dan bisa melayani pembeli juga bagaimana menarik orang untuk membeli barang yang ia jual,” ujar Safrida Wardati, selaku Kepala Sekolah TK IT serta Paud Az Zahra tersebut kepada wartawan.

About admin