Ternyata Ada Papan Catur Khusus Bagi Tunanetra

Pada umumnya, tunanetra memang tak bisa melihat apa yang ada didepan mata maupun apa yang berada di sekeliling mereka, biasanya tunanetra hanya bisa merasakan saja dengan melalui indera peraba. Lucunya, ada papan catur yang dibuat untuk khusus penyandang tunanetra.

Adalah Muchammad Sururi, seorang perajin papan catur, asal Dusun Candi, Desa Sidomulyo, Kecamatan Secang, Magelang ini yang membuat papan catur yang dapat dijalankan oleh para tuna netra. Secara spesifik, Sururi mendesain papan caturnya agar mampu digunakan oleh orang penyandang tunanetra.

Memang bentuk satu set papan catur tuna netra itu tak jauh beada dengan papan catur biasa. Akan tetapu ada detail yang sangat berbeda di setiap sisi papan serta buah caturnya. Pria yang kini berumur 53 tahun tersebut lalu melakoni berbagai eksperimen dalam mendesain set papan catur agar mtak sulitudah imainkan oleh tunanetra.

Sejumlah tantangan yang didapati ketika awal pembuatan papan catur untuk para tuna netra ialah bagaimana cara seorang tuna netra dapat membedakan buah catur warna hitam dan putih. “Pada waktu itu saya memakai manik-manik sserta pinus untuk menandai warna hitam untuk buah catur. Adapun untuk buah catur putih saya tandai dengan cekungan,” katanya singkat.

About admin