Untuk Sebar Internet Gratis, Facebook Siapkan Tekonologi “5G”

Seperti yang diketahui, jaringan internet memang tak disemua negara berkualitas bagus dan bersifat merata. Internet bagus cenderung hanya bisa dinikmati di daerah perkotaan saja, sedangkan di desa hanya provider tertentu saja yang memberikan kualitas jaringan internet bagus.

Melihat situasi tersebut, Facebook pun berencana untuk mengembangkan teknologi gelombang pemancar internet yang dinamai dengan milimeter wave untuk terobosan Internet.org yang memiliki tujuan untuk memperluas jaringan internet untuk pengguna di daerah pelosok. Di Indonesia sendiri, internet gratis Free Basics juga ada melalui provider Indosat Ooredoo yang bekerja sama dengan Facebook.

Milimeter wave yakni gelombang radio yang disinyalir mampu membawa akses internet berkecepatan tinggi seperti kabel. Teknologi ini juga sedang dipakai oleh pihak lain, antara lain mesin pencari Google, untuk menguji coba pemancaran internet 5G melalui drone.

Akan tetapi, gelombang milimeter wave ini sendiri punya beberapa kelemahan, antara lain ialah jangkauan yang tak begitu panjang dan kesulitan menembus obyek yang jadi penghalang, kendati cuma sebatas uap air. “Ini merupakan bagian dari proyek Connectivity Labs untuk mendukung Internet.org, demi memberikan 4 miliar orang untuk terkoneksi ke internet,” kata salah seorang perwakilan dari Facebook.

About admin