Upaya Persulit Syarat Calon Independen Dirasa Sebagai Serangan Balik Untuk Ahok

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu kalau Ahok berencana untuk maju ke Pilkada DKI Jakarta tahun depan melalui jalur independen. Relawan Ahok pun sudah berupaya mengumpulkan KTP sebagai syarat utama Ahok maju di Pilkada 2017 mendatang. Namun, diyakini DPR ingin membuat peraturan baru terkait pencalonan cagub lewat jalur independen yang pastinya akan mempersulit Ahok.

Niatan dari beberapa fraksi di DPR RI yang ingin menambah syarat dukungan untuk calon independen dalam Pilkada dinilai salah. Menambah syarat dukungan untuk calon independen diklaim sebagai blunder dari partai politik.

Tamrin Tomagola selaku Sosiolog menuturkan bahwa, rencana menambah syarat dukungan calon independen keluar sebagai respons parpol usai bakal cagub DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama sepakat untuk maju lewat jalur independen.

“Ini semacam serangan balik dari parpol kepada Ahok,” ungkap Tamrin, ketika ia dihubungi Kompas.com, hari Selasa (15/3/2016) lalu. Tamrin merasa bahwa rencana menambah syarat dukungan calon independen ini diprakarsai oleh Fraksi PDI Perjuangan sera PKB. “Ini bakal jadi bumerang bagi parpol, kian tinggi syarat calon independen, kian tinggi simpati publik untuk memberi dukungan pada pihak calon independen,” tambahnya.

About admin