Warga Buat Sekat Sebagai Pencegah Kebakaran Hutan

Warga asal Kampung Wain dikabarkan telah sekat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan yan sepanjang 16 kilometer di Hutan Lindung Sungai Wain atau HLS, kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Sekat ini yakni berbentuk jalur di tanah yang bersih dari daun serta ranting pohon, yang selama ini telah menjadi perantara api ketika terjadi kebakaran.

“Kami semua membuat penghalang api karena sudah belajar dari peristiwa  kebakaran di 2015 kemarin,” ujar Agusdin, selaku Wakil Manager Blok Perlindungan dan Ekowisata HLSW, hari Minggu (12/6/2016) pagi tadi. Hutan ini terdiri dari rawa terbuka, rawa air, hutan sungai, serta hutan dipterokarpa. HLSW sendiri dirasa sebagai salah satu hutan dengan keberagaman hayati yang paling banyak dengan banyak satwa dilindungi hingga langka dapat ditemui di hutan tersebut.

Hutan ini juga bersebelahan dengan 1.400 ha hutan kemasyarakatan yang ada di sebelah timur serta 309 ha Hutan Kebun Raya Balikpapan. HLSW diketahui sempat terbakar di tahun 2015 lalu, dengan luas lahan yang hangus terbakar seluas 923 ha. “Yang paling berat ialah di daerah perbatasan dengan adanya HPH. Di sana ada warga dan kebunyang luas,” tambah Agusdin.

Dengan upaya yang dilakukan oleh masyarakat Balikpapan ini, semoga kebakaran hutan tak akan terjadi lagi. Karena kebakaran hanya akan membuat hidup warga sekitar tak sehat akibat asap yang ditimbulkan oleh api tersebut.

About admin