Warga Maba Gelar Pesta Budaya Untuk Samvut GMT

Di Indonesia, memang banyak cara untuk menyambut datangnya Gerhana Mattahari Total, salah satunya gelar budaya yang digelar di sejumlah daerah. Kali ini, dikabarkan bahwa waega Maba menggelar sebuah pesta budaya untuk menyambut fenomena alam nan langka tersebut.

Pesta budaya bakal ikut meramaikan momen gerhana matahari total di Maba, provinsi Halmahera Timur. Muhammad Lutfi Abdul Kadir selaku Kepala Dinas Perhubungan Halmahera Timur, mengklaim bahwa pesta budaya bakal dilansungkan hari Rabu (9/3/2016) esok sebelum gerhana muncul.

“Pesta bakal digelar pada pukul 7 WIT. Bakal ada pentas tari-tarian lokal dari warga setempat,” katanya pada reporter hari Selasa (9/3/2016) kemarin. Hari ini, ada banyak warga Maba melangsungkan kerja bakti di Pantai Sangaji untuk sekedar membersihkan tempat yang digunakan untuk pesta budaya esok pagi.

Acara bakal didatangi paling tidak oleh Bupati Halmahera Timur, peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, dan juga perwakilan Kedutaan Besar dari AS. Acara bakal dilangsungkan sampai pukul 8.00 WIB. Sesudah itu, umat muslim disana bakal melakoni iibadah sholat gerhana di masjid At Taqwa, yang menjadi salah satu masjid terbesar di kota Maba.

About admin